Enam Misteri yang Tuhan Sembunyikan dari Manusia

Kehidupan di dunia merupakan salah satu misteri yang tidak diketahui oleh penghuninya. Tidak ada satupun makhluk yang mengetahui bagaimana jalan dongeng hidupnya kecuali atas izin Tuhan SWT. Begitu banyak hal yang Tuhan sembunyikan dari makhluk ciptaan-Nya.

Beberapa hal bahkan dikatakan sebagai belakang layar Ilahi yang tidak mampu diramalkan secara pasti. Akan tetapi di balik misteri yang disembunyikan tersebut tentu ada pesan yang tersirat luar biasa yang akan diperoleh manusia.

Misteri tersebut akan terbuka apabila Tuhan SWT berkehendak. Menurut Umar bin Khattab ada enam perkara yang masih jadi misteri dan disembunyikan oleh Tuhan dari umat-Nya. Lantas apa sajakah keenam misteri tersebut? Berikut isu selengkapnya.

1. Tuhan Menyembunyikan Keridhoan-Nya Dalam Ketaatan kepada-Nya
Misteri pertama yang disembunyikan Tuhan SWT dari umat-Nya adalah, Dia menyembunyikan keridhoan-Nya dalam ketaatan kepada-Nya. Tujuan dari disembunyikannya hal tersebut yakni biar insan bersungguh-sungguh dalam melakukan segala perintah yang diberikan oleh Tuhan dengan penuh ketaatan.

Maka dari itu, janganlah menyepelekan ketaatan walaupun perbuatan atau amalan tersebut merupakan perkara kecil. Sebab mampu jadi di sanalah terleta keridhoan Tuhan SWT kepada kita yang melaksanakannya.

2. Tuhan Menyembunyikan Murka-Nya Dalam Kemaksiatan seorang hamba-Nya
Tidak hanya menyembunyikan ridho-Nya dalam ketaatan seorang hamba, ternyata Tuhan SWT juga menyembunyikan kemurkaan-Nya dalam kemaksiatan yang dilakukan oleh seseorang. Hal ini bertujuan biar insan menjauhi segala bentuk kemaksiatan dan merasa takut untuk terjerumus ke dalam kemaksiatan tersebut.

Maka dari itu, tidak pantas bagi kita untuk meremehkan kemaksiatan walaupun dalam bentuk yang sangat kecil. Sebab mampu jadi, dari perbuatan kecil tersebut justru terletak murka Tuhan SWT yang dapat membuat kita terjerumus dalam api neraka di darul abadi kelak.

3. Tuhan menyembunyikan Lailatul Qadar dalam bulan Ramadan
Misteri selanjutnya yang disembunyikan oleh Tuhan yakni wacana malam Lailatul Qadar di bulan Ramadan. Sebagaimana di sebutkan dalam Hadist 'pahala ibadah sunnah di bulan Ramadhan sama dengan pahala ibadah wajib pada bulan selainnya dan biar bersungguh-sungguh dalam mencari Lailatul Qadar karena nilainya lebih baik dari 1000 bulan (83 tahun 4 bulan)

Itulah sebabnya Tuhan SWT menyembunyikan kapan terjadinya malam Lailatul Qadar pada bulan bulan ampunan untuk melihat kesungguhan dari Umat untuk mendapatkannya lewat jalan beribadah kepada Tuhan Ta’ala.

4. Tuhan Menyembunyikan Para Wali Di Antara Manusia
Tuhan SWT juga menyembunyikan para wali di antara manusia. Tujuannya yakni biar insan saling menghormati dan tidak meremehkan orang lain. Apabila orang tersebut meremehkan orang lain, mampu jadi orang yang diremehkannya tersebut justru merupakan wali Allah. Maka dari itu, kita harus menghargai semua orang.

5. Tuhan Menyembunyikan Kematian Dalam Umur
Misteri selanjutnya yang juga disembunyikan oleh Tuhan SWT dari insan yakni Dia menyembunyikan simpulan hayat dalam umur orang tersebut. Tujuanya yakni biar semua insan senantiasa mempersiapkan diri untuk menyambut simpulan hayat yang belum tahu kapan akan terjadinya dengan mengerjakan segala perintah Tuhan dan menjauhi larangan-Nya. a.dan

6. Tuhan Menyembunyikan 'Ash-Sholatul Wushta' (Sholat Yang Paling Utama) Dalam Salat Lima Waktu
Hal terakhir yang disembunyikan oleh Tuhan SWT dari umat insan ialah Tuhan menyembunyikan ‘Ash-Sholatul Wushta’ atau salat yang paling utama di dalam salat lima waktu. Tujuannya yakni biar seorang muslim tersebut dapat memelihara semua salat wajibnya dan tidak meremehkan satu di antaranya.

Demikianlah isu mengenai enam misteri yang disembunyikan oleh Tuhan SWT dari manusia. Sebagai umat Islam kita harus menyadari bahwa ada maksud baik di balik penyembunyian enam hal di atas. Yakni untuk menambah keimanan dan keikhlasan kita dalam melakukan ibadah dan amalan kebaikan lainnya kepada Tuhan SWT.
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Enam Misteri yang Tuhan Sembunyikan dari Manusia"

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top